Bupati Temanggung: Tembakau adalah Anugrah Tuhan.

Posted: April 4, 2010 in cerita, Temanggungan
Tag:, , ,

Bupati Temanggung, Drs. H Hasyim Afandi mengatakan tembakau merupakan salahsatu potensi unggulan daerah karunia Tuhan Yang Maha Esa bagi masyarakat Kabupaten Temanggung yang harus tetap dijaga kelestariannya. Menurutnya, tembakau memilini nilai ekonomi yang tinggi bagi kesejahteraan masyarakat Temanggung sehingga pemerintahannya tidak akan bermaksud untuk mengurangi tanam tembakau.

“Masalah tembakau dan rokok semestinya harus dilihat secara jernih dan tidak langsung dihubungkan dengan isu kesehatan semata. Kita harus komprehensif dan serius memperhatikan masalah ekonomi pada daerah-daerah yang memiliki kemampuan menghasilkan tembakau. Kabupaten saya adalah penghasil tembakau yang bermutu dan tidak mudah mengalihkan ke tanaman lain. Oleh karena itu kami memiliki program tanam tembakau yang memperhatikan manfaat lingkungan, dan pada pengolahan pasca panen tidak harus diarahkan untuk rokok. Kami sedang mengupayakan agar zat nikotin dari tembakau tersebut bisa dimanfaatkan untuk obat,”ujar Hasyim pada presentasi makalah Kebijakan Pertembakauan Kabupaten Temanggung pada acara Seminar Sehari bertema, Kretek dalam Perspektif Ekonomi, Politik dan Budaya yang digelar oleh Organisasi gerakan Lokal Perkumpulan Independen Komunitas Temanggungan di Hotel Cemara Baru, Jakarta Pusat 1 April 2010).

Pada kesempatan itu Hasyim  menjabarkan beberapa hal yang terkait dengan sitem pertanian tembakau untuk menunjang kelangsungan kesejahteraan nasib kaum tani tembakau temanggung. Beberapa hal disebutkan adalah Potensi lahan dan produksi tembakau, kualitas tembakau, kerusakan lahan, teknik budidaya, konservasi lahan, kondisi tataniaga, kondisi sosial ekonomi petani dan lain-lain.

Adapun beberapa tantangan yang menghadang kemajuan pertanian tembakau di antaranya ialah kampanye antirokok, pembatasan internasional, pembatasan promosi rokok, fatwa rokok dan regulasi; dampak kesehatan. Hasyim menegaskan bahwa masalah kesehatan memang penting, tetapi jangan sampai mengabaikan sisi lain. “Sebagai Bupati tujuan utama saya adalah mensejahterakan rakyat. Sebab jika kesejahteraan diabaikan, itu bukan bupati namanya,” ujarnya.

Hadir sebagai narasumber lain adalah Nur Suhut, Anggota Komisi IX DPR-RI, Mohamad Sobary, Budayawan dan Salamudin Daeng dari Institute Global Justice, Jakarta.

Untuk mengetahui detail rancangan kebijakan Pemda Temanggung terkait dengan pertanian tembakau beserta analisa ekonomi-politik lokalnya, silahkan kunjungi http://www.sendspace.com/file/ymqfpf. Dapatkan file tersebut secara lengkap.

Iklan
Komentar
  1. sakuraijo berkata:

    klo gt kenapa maren pernah ada kasus petani tembakau di tmg pada demo gara2 bupati nya mengharamkan rokok dan tembakau???
    ko sekarang bilang karunia????
    aneh…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s