Mukidi, Sulasih dan Sulandono

Posted: November 22, 2007 in cerita

Sulasih……sulasih……sulandono

Sulasih……sulasih……sulandono

Sulasih……sulandono…..

Menyan putih…. ngundang ngundang dewo

Itu salah satu lantunan lagu pembukaan ketika seni lengger mau mulai. Dengan iringan musik dari gamelan, ada sinden yang selalu melantunkan lagu tersebut dan penari pria dengan kelenturan tangan menyesuaikan gendingan gemelan. Serta suara pengerong (paduan suara) menambah pepaknya suara dipanggung. Tak lama penari putri (lengger) mendampingi penari putra, sehingga menambah suasana semakin ramai.

Semangat untuk melestarikan budaya nampak sekali dibuktikan dengan iuran tiap anggota. “wah iurannya macam-macam tiap anggota Rp 50.000, ada yang membayar penari wanita Rp 200.000 per penari padahal tiga orang dan orang tiga yang bayar, dan untuk penggambilan gambar sebagai dokumentasi Rp 650.000 ini juga dibayar satu orang” kata suyadi, 36 tahun salah satu yang membayar penari wanita.

“tidak hanya penari sulasih, masih ada sontoloyo, jangkrik gengong, kebo giro, dan melik-melik yang semua penari putra memakai topeng” tutur suwardi, 20 tahun yang juga penari.

Haus hiburan untuk diri sendiri dan untuk menghibur masyarakat, jelas nampak bagi masyarakat Jambon Gandurejo, Bulu. Kerena hiburan-hiburan hanya satu tahun sekali dilaksanakan tiap mau panen raya tembakau maupun setelah panen raya tembakau.(mukidi)

Iklan
Komentar
  1. dani berkata:

    Ass.Wr.Wb
    sobat, met knal y.gw dani pengen klarifikasi ja.bener gk km temen q dl masa indekost di samping masjid alun2 temanggung, kamu nak smea yg aku knal,maaf kalo salah ya.khamdani

  2. gunawan berkata:

    Apresiasi yang tinggi sekali buat para team kesenian jambon 2 gandurejo, semoga tidak terpecah dan bubar jalan sperti grup seni yang lain sprti jaranan, ketoprak bahkan sepakbola, semoga tetap eksis dengan pengelolaan organisasi yg baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s