Kuburan, Rumah Masa Depan

Posted: November 22, 2007 in cerita

“Bhineka Tunggal Ika”, berbeda-beda tetapi tetap satu.

“Seglagah” nama baru namun bagi masyarakat Parakan sudah tidak asing lagi, adalah sebuah Tempat Pemakaman Umum yang belum lama ini diresmikan dan telah dipergunakan. TPU “Seglagah” adalah TPU yang benar-benar dirancang untuk kebersamaan dan tempat peristirahatan yang tenang, beberapa fasilitas tersedia, kamar mandi umum, tempat parkir dan pendopo, yang tentunya diperuntukan bagi keluarga almarhum, baik yang nyekar maupun mengantarkan jenazah.

Joko Junaidi (37) seorang tokoh pemuda di Lingkungan Panjangsari Baru Parakan Wetan berkomentar, “Yang sangat mendapat sambutan dari masyarakat terutama sistem pengaturan makam yaitu ada bagian untuk pemakaman Muslim dan Non Muslim yang dipisah oleh jalan masuk makam, hal ini dapat memberikan privasi bagi keluarga dari berbagai pemeluk agama. Dan pengaturan pemakaman harus urut, tidak boleh memilih tempat, hal ini akan menjadikan TPU Seglagah tertata rapi dan enak dipandang dan yang jelas tidak serem seperti TPU lain”.

Pelaksanaan Pembangunan TPU Seglagah yang diketuai Muhammad Muadz tersebut menempati areal seluas 0,6 ha dan merupakan tanah masyarakat Kelurahan Parakan Wetan, serta dikerjakan secara bergotong royong dengan bergiliran setiap minggu. Menurut Mukhayin (40) Ketua  LPMK (Lembaga Perwakilan Masyarakat Kelurahan) Parakan Wetan, dana pembangunan diperoleh dari swadaya masyarakat dan sumbangan dari Takmir Masjid, Gereja, serta beberapa pejabat yang tentunya tidak mau untuk disebutkan “takut tidak boleh dimuat Stanplat”.  (Sujarwo Kaulani)

 

 

Iklan
Komentar
  1. nuri berkata:

    wah tulisan ngajak apik kok ra diteruske to stanplat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s