Jenang Sirsat

Posted: Oktober 10, 2007 in cerita

          Idul Fitri datang lagi. Hari besar ini dinikmati dan dirayakan oleh seluruh Umat Islam setelah berpuasa selama satu bulan sebagai bentuk kemenangan, juga dimeriahkan dengan saling bersilatuarmi ke tetangga dan sanak saudara, tak lupa makanan ringan sebagai hidangan pelengkap yang ada ditiap meja diruang tamu turut memberikan warna dan kesan tersendiri.

            Hadirnya jajanan tradisional juga memberi suasana yang akrab, seolah mengingatkan kembali suasana lebaran tempo dulu waktu kita masih kecil. Kehadiran jajanan tradisional yang hanya ada di bulan ramadhan dan syawal seolah mempunyai nilai yang sangat istimewa diantara jajanan-jajanan modern yang semakin banyak macamnya dan tersebar di kota maupun desa.              Widati, 30 tahun, yang berprofesi sebagai pembuat jenang sirsat selama 14 tahun. Yuwi panggilan akrab Widati di Karang Tengah Kauman Parakan, bahan baku cukup banyak bagi sebagian orang hanya dimanfaatkan untuk sirup, namun ditangan Yuwi disulap jadi jenang sirsat khas lebaran. “wah butuh waktu 4 jam, untuk pengadukan biar jadi jenang yang enak,” ungkapnya.

            Ulet dan tekun serta sabar menjadikan kunci untuk berusaha, ini dibuktikan oleh Yuwi. Walaupun hanya tiap bulan ramadhan tapi omsetnya sekitar 3 kuital dan dengan aneka rasa (nangka,tape,sirsat dan labu/waluh). Dengan harga mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 28.000 per ½ kg, sudah bisa menghiasi meja lebaran.

            Mimpi untuk memperbesar usaha diluar bulan ramadhan memang menjadi harapan, bahkan untuk bisa mewujudkan jenang sirsat menjadi jajanan khas Temanggung itu tujuan akhirnya. (subkhan khamidi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s