Catatan PIKATAN di Kranggan

Posted: Agustus 30, 2007 in agenda & kegiatan

Pikatan di Kranggan

Tahap pertama silaturahmi ke kampung, selanjutnya punya tanggungjawab bekerja untuk rakyat Temanggung.

Orang kota ketemu saudara di kampung itu bukan berita. Tiap lebaran atau hari-hari tertentu saudara kita yang tinggal di kota juga pulang kampung. Tapi menjadi unik dan menarik ketika mantan orang desa kampung itu itu pulang tidak lagi berlagak kampungan, alias pulang hanya untuk klangenan dan ngedhebus tentang kehidupan kota dan pamer status sosial. Orang kota tidak jadi kampungan jika pulang membawa sesuatu yang bermanfaat bagi kampung halamanannya. Ya, itulah yang dilakukan para perantau asal Temanggung dengan mengadakan acara pertemuan di Wisma Sumodilogo Kranggan 19 Agustus lalu.

Para perantau yang selama ini bekerja mengelola buletin Stanplat berkumpul dengan teman-teman pecinta kegiatan sosial di Temanggung. Tujuannya satu, mengenal tawaran pengelola Stanplat yang punya gawe besar mendirikan organisasi PIKATAN (Perkumpulan Independen Komunitas Temanggungan). Sebuah organisasi sosial yang memfokuskan diri pada pemberdayaan masyarakat lokal Temanggung. Sebuah organisasi yang tidak mendikotomikan antara kaum perantau dengan kaum lokal di Temanggung. Sebuah organisasi yang ingin berkontribusi kepada rakyat Temanggung dalam mengarungi arus besar globalisasi.

Pertemuan yang dihadiri oleh tokoh masyarakat dan aktivis gerakan sosial di Temanggung itu berlangsung dalam suasana santai namun serius. Penulis kebetulan mendapat jatah menjelaskan kelahiran Buletin Stanplat yang kemudian karena kebutuhan aktivitas yang lebih besar membutuhkan organisasi berbadan hukum perkumpulan.

Berhubung masing-masing peserta banyak yang belum kenal satu sama lain, maka redaktur senior Stanplat, Mohammad Asa’di kami mintakan untuk memperkenalkan satu sama lain, baru kemudian diskusi bertema “Pikatan dan Gerakan Lokal” dalam rangka pendirian PIKATAN itu dimulai dengan memberikan kesempatan kepada dua narasumber yaitu AE Priyono (peneliti) dan Tri Agus Siswowihardjo (aktivis HAM).

Perkenalan yang dipandu oleh Asadi memberikan rasa kedekatan emosional bagi para peserta. Para peserta tiba-tiba mendapatkan situasi yang lain, yang tidak pernah dirasakan sebelumnya. Bahwa ternyata dari pertemuan sekian puluh orang itu saja tergali benih-benih potensi besar untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat Temanggung. “Luar biasa. Kita harus mampu menjadikan pertemuan ini bermakna. Tugas kita sekarang adalah mensinergikan potensi ini,”tanggap Rofiq Handoyo, salah seorang aktivis di Temanggung.

Pikatan adalah organisasi yang memiliki tujuan menghimpun kekuatan sumber daya manusia Temanggung untuk mengabdi kepada masyarakat Temanggung. Salahsatu tujuan pendirian Pikatan adalah membangkitkan kekuatan masyarakat lokal Temanggung secara sistematis dan terorganisir. Motivasinya antara lain adalah, ketidakadilan sosial, kebatilan politik, kesewenang-wenangan ekonomi. Kedua, mengkonsolidasikan pemikiran individu. Ketiga, hilangnya peranan sejati dari partai politik, kapasitas kultural yang merosot, potensi budaya yang tidak tergarap dan lain sebagainya.”

Secara khusus AE menegaskan, bahwa Pikatan berangkat dari sesuatu gerakan yang kecil, membangun dari bawah dan tidak ada pesan sponsor politik (pilkada dan pemilu). “Bahwa kemudian Pikatan menjadi wadah dari para aktivis yang nota bene memiliki organisasi lain itu sah-sah saja. Pikatan juga tidak ingin menjadi organisasi yang gemar mengklaim kegiatan organisasi lain,” tegas peneliti Reform Institute Jakarta ini.

Sedangkan Tri Agus yang punya pengalaman pribadi beraktivitas untuk daerah lain namun lupa dengan daerahnya sendiri itu membagi pengalaman, ” saya merasa tergugah untuk serius mengurus gerakan lokal di kampung halaman kita sendiri. Kalau selama ini mau bekerja untuk daerah lain, kenapa daerah kita sendiri tidak digarap,” tanyanya kepada diri sendiri. Tri agus juga menyarankan agar para perantau asal Temanggung, lebih serius memikirkan Temanggung.

Salah seorang peserta, Hasyim Affandi memberikan tanggapan, “Pikatan saya kira harus fokus. Selama ini saya melihat banyak organisasi dengan berbagai kegiatannya. Kelemahannya adalah karena tidak fokus. Selain harus memakai tahapan yang realistis, Pikatan saya harap bisa serius menjadi alat pengontrol pemerintah,” kata mantan Bupati Magelang sebagai salahsatu peserta diskusi.

Beragam tanggapan kemudian muncul bertubi-tubi dari masing-masing peserta. Maklum, forum ini adalah pertemuan aktivis yang rata-rata mahir menyampaikan pendapat dan memiliki banyak pengalaman dan gagasan. Dari lebih 60 peserta moderator hanya mampu menampung 16 penanggap. Hal ini tidak lain karena waktu tidak mungkin cukup untuk melanjutkan acara lebih sore lagi. Senja yang temaram. Temanggung yang kering kerontong oleh kemarau. Pukul 15:00 peserta bubar, sedangkan panitia melanjutkan rapat pertemuan untuk keperluan legalisasi dan acara Rapat Anggota Perkumpulan yang insya allah akan dijadwalkan pada musim Idul Fitri tahun ini. (faiz manshur)

Mereka yang hadir pada acara PIKATAN:

No

Nama

Organisasi

Asal

1

Bambang Purnomo

 

Kranggan

2

Nur Makhsun

Ketua GP Ansor

Kedu

3

Miftahul Hadi

Wakil Ketua Ansor

Kedu

4

Ananto

 

Giyanti

5

Ahmad Soleh

PBKSI/LSPPI

Kandangan

6

Ida Fitria Fauzi

Fatayat NU

Temanggung

7

Probosuseno

Dokter

Mujahidin Temanggung

8

Hayatul M

PD-NA

Tembarak

9

Iwan Said M

 

candiroto

10

Iwan Yusuf

 

candiroto

11

Aida Suswandari

Mahasiswi

Projo Madureso

12

M.N. Sadikun

Ansor

Parakan

13

Zaenuri R

STAINU TMG

Kemloko Tempuran

14

Subhan Zuhrie

STAINU TMG

Ngemplak Kandangan

15

Bisron M

Muhamadiyah

Tembarak

16

Rifa. A

KMT

Lungge

17

Agus Pramono

KIAT

Jakarta

18

Prasetyo Papang

Aktivis Tani

Nglungko Kedu

19

Teguh G.A

 

Secang

20

Bambang R

 

Kedu

21

Kartika Andriani

 

Akper Al-kautsar

22

Tomi S.W.P

 

Akper-Al-Kautsar

23

Hasyim Affandi

Mubaligh

Danurejo Kedu

24

Darsono

 

Parakan

25

Aldila k.s

 

Mudal

26

Adyita A.S

 

Parakan

27

Edi Darmono

 

Dosen

Yogyakarta

28

Syarif

KMT

Temanggung

29

M. Risyad H

Ketua Gamara

Wanutengah Parakan

30

Mujiyatno

Direktur LPR

Semarang

31

M Sigit

 

Bandung

32

Titi Roso Sarkoro

Guru

Temanggung

33

M Richwan

 

Temanggung

34

Sukamto

Mitra Dien

Parakan

35

Yanti Nugroho

LSM Sahabat Perempuan

Temanggung

36

Andy Yoes

 

Jakarta

37

Singgih S Kartono

 

Pengusaha

Kandangan

38

Silvester Hardanny

 

Seniman

Jakarta

39

Firdaus

 

aktivis

Temanggung

40

Faiz Manshur

 

Kaloran

41

AE Priyono

 

Jakarta

42

Yusron Acevina

 

Kauman Parakan

43

Tri Agus S

 

Jakarta

44

Anif Punto

 

Jakarta

45

Muhisom

 

Parakan

46

Mukidi

 

Bulu

47

Irawan Prasetyadi

 

Tangerang

48

Said B Nurcahya

 

Bandung

49

Tri Wahyuni

 

Kandangan

50

Tari

 

Temanggung

51

Usna

 

Tembarak

52

M Asadi

 

Temanggung

53

Fakhrudin Aswad

 

Jakarta

54

Mashar Fahmi

 

Temanggung

Iklan
Komentar
  1. dinconomy berkata:

    Beberapa teman di Tmg menanggapi bahwa mereka pesimis kalau organisasi yang sudah ada menginduk ke PIKATAN. Perlahan harus bisa kita yakinkan bahwa PIKATAN bisa mengkonsolidasikan masing2/semua organisasi dng menampung atau menumbuhkan aspirasi bukan mengambil “ladang” mereka.

  2. pikatan berkata:

    Udin,
    Kalau pesimis soal induk-menginduk itu sebenarnya kurang tepat dibicarakan. PIKATAN tidak pernah punya niatan sebagai induk semang dengan cara top down terhadap organisasi lain. Coba baca AD/ART secara jeli. Hubungan PIKATAN dengan organisator dari organisasi/LSM/Ormas di Temanggung ini lebih pada hubungan personal, bukan hubungan organisasi. Sampaikan kepada teman-teman yang belum paham dengan penjelasan ini.

    salaman
    faiz

  3. Kotarom Minami berkata:

    Mau tanya, itu ada yang dari projo Madureso, Madureso desa aku bukan yaach?yang namanya Aida Wulandari…sukron tuk jawabannya

  4. pikatan berkata:

    kalau di Temanggung setahu kami hanya satu. Barangkali memang satu kampung dengan Anda.

    Anda sendiri dimana sekarang?

    salam
    Udin
    Sekretaris PIKATAN

  5. aris gunawan berkata:

    saya asli TMG, besar di TMG, kerja di TMG, namun sat ini sedang jauh dari TMG…. jadi seneng rasanya membaca berita dan tulisan2 tentang TMG… Makasih banyak !

  6. sasmoyomogoltelo berkata:

    jo tek si

  7. nice blog visit our blog please

  8. Rofiq Handoyo berkata:

    Alhamdulillah, hanya karena atas ijin-Nya jua lah kita masih dipertemukan di sini … (setelah kita pernah dipertemukan dalam ajangnya “PIKATAN” beberapa waktu lalu, di Wisma Sumodilogo, Kranggan) …

    Tentu, untuk membuat sesuatu “yang bermakna” bagi sesama …

    Dengan mewujudkan Mesin Sinergi “Sapu Lidi”: Mesin Jamaah ASAZ “Desa Zakat” …

    Mewujudkan “Desa yang Produktif” …
    yang dibangun atas:
    mengamalkan Perintah Allah SWT dan dicontohkan Nabi SAW “ASAZ” …
    Aqiimus Sholaah wa Aatuz Zakaah-Dirikan Shalat Tunaikan Zakat Infaq Sedekah meski dengan bersedekah “Separuh Biji Kurma” SBK (HR. Bukhari) … yang disinergi-jamaah-kan !

    dalam rangka Menyongsong INDONESIA EMAS 2045 : Kemerdekaan Ekonomi Indonesia di Abad 21 ! Indonesia Makmur Raya berke-Adil-an IMRA !!
    sebagai tugas sejarah G-21 Generasi Anak Bangsa Abad 21, di mana kita “HIDUP HARI INI” (meneruskan peran sejarah G-14 Majapahit, G-7 Sriwijaya, dan para Walisongo yang baru bisa mengantar umat & bangsa ini pada “Pintu Gerbang” : “Kalimosodo”/”Sekaten” (Syahadatain) … sedang perintah “ASAZ” belum sepenuhnya tersampaikan para Wali itu “keburu” wafat.

    Inilah, tugas dan cita-cita kita bersama …

    Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa meridhai langkah2 hidup kita. Amin.

    Rofiq Handoyo, SH, MM.

    Presiden
    Center of Local Economic Development
    LED Center

    Konsultan Program PEMD-BAPPENAS
    Staff Ahli Bupati / Direktur BUMD “AU”

    Gerakan Membangun 1.06 digit Satu Juta Desa Zakat
    Instagram: desa_zakat
    Email: ledcenter02@gmail.com
    WA/SMS: 081225180346

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s