Catatan diskusi PIKATAN dan Gerakan Lokal

Posted: Agustus 22, 2007 in agenda & kegiatan

Tema Diskusi

PIKATAN dan Gerakan Lokal (Wisma Sumodilogo Kranggan, 19 Agustus 2007

Pembicara : AE Priyono dan Tri Agus Siswowihardjo

Moderator: Faiz Manshur. Ketua Panitia: Singgih S Kartono

Acara berlangsung di Wisma Sumodilogo Kranggan Temanggung. Dimulai pukul 11:00 sampai 14:30. Setelah ketua panitia sekaligus MC, Sdr Singgih membuka acara diskusi, M. As’adi melanjutkan dengan perkenalan masing-masing peserta. Selanjutnya diskusi dipandu Faiz dengan sedikit pengantar mengenai lahirnya Buletin Stanplat yang kemudian berlanjut pada pendirian PIKATAN.

AE Priyono dan Tri Agus kemudian menyampaikan seluk beluk lahirnya PIKATAN secara lebih detail, ditambah dengan berbagai wacana tentang gerakan lokal di daerah lain. Kedua pembicara tersebut menyampaikan secara singkat padat dan fokus tentang organisasi baru tersebut.

Selang 40 menit kemudian acara dilanjutkan dalam bentuk diskusi diawali dengan tanggapan oleh Hasim Affandi (mantan bupati Magelang) yang berbicara sekitar 10 menit. 3 penanggap lain menyusul kemudian hingga sampai waktu istirahat solat dan makan berlangsung. Sejam kemudian MC melanjutkan acara diskusi. Moderator memberikan kesempatan kepada 2 peserta untuk memberi tanggapan untuk kemudian narasumber memberi tanggapan balik. Diskusi rupanya sangat menarik. Ini dibuktikan dengan banyaknya acungan jari tangan peserta yang berebut untuk memberi tanggapan. Satu hal yang menggembirakan adalah bahwa dalam acara tersebut tanggapan peserta terhadap PIKATAN sangat positif. Aroma dukungan keterlibatan dari para peserta untuk bergabung bersama PIKATAN pun sangat terasa. Hampir semua masukan dan kritik sangat terlihat positif, dalam artian memberi masukan kepada PIKATAN agar dalam membangung organisasi memperhatikan kondisi objektif kehidupan masyarakat Temanggung.

Acara yang dihadiri kurang lebih 50 peserta yang terdiri dari aktivis ormas, LSM, aktivis Mahasiswa dan beberapa tokoh masyarakat tersebut berlangsung sangat serius. Setelah acara selesai, tim internal PIKATAN yang sementara masih menginduk pada pengurus Buletin Stanplat mengadakan rapat internal membahas dua hal pokok.

1. merespon pasca diskusi.

2. membahas masalah bagian perusahaan Stanplat Biro Temanggung

Rapat yang hadir di antaranya adalah, Ae Priyono, Tri Agus, Andy, M. Asadi, Usna, Said Nurcahya, Irawan, Singgih, Trien, Firdaus, Agung, Mukidi, Muhisom, Anif Punto, Putut Trihusodo, Tari, dan lain-lain. Sesuai target sebelumnya, setelah acara berlangsung, PIKATAN harus melegalisasi diri ke notaries sekaligus mendelegasikan pengurus sementara yang diberi mandat untuk mengantarkan PIKATAN sampai berlangsungnya acara Rapat Anggota Perkumpulan (RAP) yang insya allah akan dilangsungkan pada idul fitri oktober mendatang.

Rapat memilih Ketua Umum PIKATAN (sementara) adalah Sdr Mohamad As’adi, (Redaktur Senior Stanplat. Sekretaris Umum (sementara) Sdr Firdaus Khalimi (anggota baru Stanplat) dan Bendahara (sementara) Sdri Budi Lestari (bagian Iklan Stanplat).

Ketiga pengurus ini diberi 3 amanat:

1. Melegalkan PIKATAN ke notaries (target pertengahan September)

2. Membuat panitia Rapat Anggota Perkumpulan yang akan dilaksanakan idul fitri 2007

Pembicaraan mengenai Biro Stanplat membicarakan tentang peningkatan penghasilan iklan di Temanggung dan kebutuhan dana Stanplat dan PIKATAN.

Pembicaraan ini menghasilkan rekomendasi, 1. Biro Perusahaan Temanggung menyusun proposal unit usaha (rumah mudik). 2. menyusun kebutuhan operasional pencari iklan. Target segera. 3. Pemimpin Perusahaan Stanplat (Irawan) mendapat rekomendasi untuk mengurus proposal yang dibuat kepada Biro Stanplat Temanggung selanjutnya dicari jalan keluarnya.

Mengenai kebutuhan operasional pengurus PIKATAN (sementara) diharapkan agar menyusun kebutuhan internalnya, yakni kebutuhan legalisasi (akta notaris) dan rencana Rapat Anggota Perkumpulan (RAP).

Demikian yang bisa sementara saya sampaikan.

Salam Hormat

Faiz Manshur

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s