Tahukah Anda?

Posted: Juni 28, 2007 in GLOKALITAS, Kabar Pikatan, Media PIKATAN, Pikatan & Gerakan Lokal

Tahukah Anda?

Stanplat terbit pertama kali pada bulan Juni, tepatnya tanggal 29 Juni 2006. Rencana pendirian Stanplat dibahas sebulan sebelumnya dengan melibatkan diskusi di millist TMG-news-mail@yahoogroups.com dan temanggung@yahoogroups.com. Tanggal 9 Juni, bertepatan dengan malam pembukaan Piala Dunia di Jerman beberapa orang pendiri yang berada di Jakarta Rapat di Kedai Tempo 68 H, Utan Kayu. Di situ beberapa pendiri membahas rencana rapat keredaksian dan penggalangan dana. Selanjutnya hasil rapat itu didiskusikan di millist. Tanggal 24 juni semua naskah sudah siap cetak. Tanggal 26 Juni naik cetak 12 halaman. Tanggal 29 Juni Stanplat terbit, sehari kemudian dikirim ke Temanggung dan dibagi-bagikan ke para awak pendiri Stanplat dan calon pelanggan.Ya, sekarang bulan Juni. Stanplat terbit 16 halaman dengan berbagai perubahan dan dinamika internal. Perjalanan baru satu tahap. Tahap kedua adalah mendirikan lembaga yang akan menaungi Stanplat, yakni PIKATAN yang sudah berdiri untuk kemudian dilegalisasikan di notaris. Berikut ini adalah beberapa komentar dari pejabat dan tokoh masyarakat Tentang Stanplat. Komentar Anda?

Selamat ulang tahun yang pertama buat Stanplat. Semoga tambah profesional pengelolaannya, tambah aktual dan faktual beritanya. Saya berharap Stanplat ini mampu menjadi media alternatif bagi masyarakat Temanggung. Transformasi sosial melalui media massa memang perlu (Muhamad Amin, anggota DPRD Temanggung)

 

Tumbuhnya media lokal yang kritis seperti Stanplat sangat dibutuhkan. Orang bilang Stanplat galak dalam mengkritik pemerintah/DPRD. Kalau itu memang menjadi ciri khas dan karakter ya dilanjutkan saja. Orang mengatakan galak kan karena mereka yang kena kritik. Kalau orang yang mau maju, seharusnya berterimakasih ketika ada yang mengkritik. Kritik oke, asalnya ada data dan fakta. (Mat Richwan, Tokoh Muhamadiyah Temanggung)

 

Stanplat memang sering keras mengkritik saya. Tapi saya tidak marah. Saya biarkan semua kritik itu mengalir. Setiap kritik akan saya jadikan cambuk untuk memicu kinerja kami di jajaran pemerintahan. Saya tidak akan menjawab secara lisan setiap kritik yang dilontarkan Stanplat. Akan saya jawab melalui tindakan, kerja dan karya nyata. Pesan saya, Stanplat harus lebih berimbang dalam menyajikan berita. Mari kira sama-sama berbenah untuk membangun Temanggung. (Drs H Mukhamad Irfan, Bupati Temanggung)

 

Banyak harapan kepada wong Temanggung yang merantau agar tidak lupa pada tanah kelahiran. Stanplat ini harus dikembangkan. Galak dan kritis itu baik. Kalau orang-orang yang ada di eksekutif maupun legislatif tidak mau dikritisi bisa berakibat jalan dengan sendiri. Mereka harus berjalan sesuai dengan kemauan masyarakat, jangan sampai mengkhianati rakyat. (Budi Sutrisno, Ketua Badan Kerjasama Umat Kristiani Temanggung)

Selamat Ultah yang ke 1 untuk Stanplat. Semoga semakin maju, semakin baik sehingga bisa memajukan Temanggung. Di era otonomi daerah ini seyogianya Stanplat dapat memainkan peran sebagai motivator dan dinamisator bahkan dalam   tingkat tertentu dapat menjadi control balance maupun counter part pemda dalam menjalankan pembangunan. Semoga Stanplat panjang umur. Sukses selalu. (Angelina Sondakh. Mantan Putri Indonesia. Anggota DPR-RI Daerah Pemilihan IV Jawa Tengah )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s