Tausiah Mukri kepada warga Temanggung

Posted: Juni 2, 2007 in Temanggungan

IKB, FBR, IKT DAN PIKATAN

Oleh ZAENAL MUKRI


Kalau kita lihat di Masyarakat kita ini banyak sekali nama-nama Organisasi Etnis Masyarakat yang bergerak di bidang sosial, dari kebanyakan nama organisasi menggunakan nama, Ikatan, Forum, Persaudaraan, Front, dengan tidak lupa mengikutkan nama kota maupun etnis dari kelompok tersebut. Contoh IKB, FBR, IKT dan PIKATAN, mereka lahir dengan tujuan kegiatan sosial masyarakat, diantaranya memajukan kota kelahiran, memelihara budaya, persaudaraan, dsb. Masih banyak lagi kelompok-kelompok lain yang ada di negara kita ini.

Melihat kejadian yang baru saja terjadi dua hari yang lalu di Kebayoran Lama, bahwa ada dua kelompok organisasi Masyarakat dari etnis yang sama yaitu Ikatan Keluarga Betawi (IKB) dan Forum Betawi Rempug (FBR) duel hebat, saling jotos, saling injak, saling maki bahkan saling membunuh Padahal kalau kita lihat mereka adalah berasal dari satu etnis yaitu Betawi, bahkan ada diantara mereka yang rumahnya berdekatan, hanya karena membela organisasi mereka masing-masing yang semulanya kawan akhirnya menjadi lawan. Inilah ketidak dewasaan masyarakat kita dalam berorganisasi, mereka saling mempertahankan argument masing-masing dengan tidak di dasari Iman dan Taqwa, dari kebanyakan mereka datang dengan menaikin kendaraan pribadi yang bernama emosi dan egois yang di bawa ke Organisasi.

Kasus FBR dan IKB ini awalnya hanyalah berebut jatah wilayah kekuasaan, akhirnya berebut pengaruh, yang akhirnya juga untuk kendaraan politik orang tertentu. Manusia yang ada di FBR maupun IKB itu sendiri tidaklah orang –orang bodoh, mereka banyak orang-orang terpelajar, tetapi mengapa mereka mempunyai fikiran yang pendek, hingga tujuan dari organisasi yang mereka dirikan tidaklah terwujud, malah berakibat terpecah belah persatuan itu sendiri. Bagi anggota-anggota biasa yang ada dalam organisasi tersebut tidaklah tahu menahu permasalahan apa yang ada pada oraganisasi, yang mereka inginkan pastilah tidak lain persaudaraan dan kekeluargaan, tetapi bukan persaudaran yang ada tapi perseteruan, bukan sosial yang di kerjakan tapi sok sial, apakah hal seperti ini akan tetap berlanjut dan akan merembet pada organisasi-organisasi masyarakat yang lain?

Bagaimana dengan IKT dan PIKATAN (Stanplat).

Di IKT dan Pikatan sendiri masih terlihat diskusi yang sangat hebat, saling mempertahakan argumentasi dari masing-masing pihak. Perbedaan pendapat yang belum bisa menuai sepakat, janganlah berlanjut pada perbuatan-perbuatan yang merusak cita-cita dan tujuan dari Organisasi tersebut.

Kalau IKT dan Pikatan bertemu di dunia maya, jika kesal memuncak yang di jotos hanyalah monitor yang ada di depan kita, coba kita bayangkan jika mereka beradu argumen di dunia nyata. Apakah kasus IKB dan FBR, akan terjadi di pada Organisasi Masyarakat Temanggung? Mari kita luruskan kembali cita-cita dan tujuan dari terbentuknya organisasi ini semua demi Temanggung Tercinta, dengan bersatu padu, walau dengan wadah yang berbeda tetapi tujuan yang sama!!

Penulis asli Kandangan. Selain mengajar di SMP 54 Jakarta, ia juga ternak kawin kambing di Bojong.

 

Iklan
Komentar
  1. kang sojo berkata:

    Sampeyan kuwi ngomong opo sih? Sok tuwo gitu loh…..mbok luweh becik duel wae lawan IKT.

  2. Kang Gembel berkata:

    Mungkin komentarku tidak ada salahnya, untuk intropeksi diri, Untuk kang Sojo lebih baik sok tua dari pada sudah tua kekanak-kanakan.

  3. dadang berkata:

    perbedaan kan hal dinamis jd ambil yang baiknya aja deh
    salam kenal dari warga indonesia yang kebetulan anak betawi tapi tinggal di temanggung

  4. huda berkata:

    ass…. kulo tiyang temanggung (menggoro tembarak temanggung) putrane pak wahyudi lumayan ganteng lah sok dodol mbako nek miturute kulo komunitas koyo niku2 sae neng ampun disalah gunakke damel congkrah koyo ting nggoro neng enten ndangdut nggeh sok kerah sami mawon to mendingan do teng mesjid mawon ngrembug masalah agami lan dipun amalaken lak malah angsal ganjaran kaleh kulo pesen kangge cewe2 sing ayu teng temanggung do dolan teng nggon kulo nggeh mangkeh tak godokke telo kaleh tak gorengke kimpul dolan geh niki nmr hpne kulo 085219119960 huda ganteng hidup tembarak

  5. huda berkata:

    mas nek nderek dados anggota pikatan pripun to carane kaleh teng pundi to alamate tulung kirimke teng Emaile kulo nggeh ! niki alamat Emaile kulo : uda_imut87@yahoo.com nopo teng nmr hpne kulo 085219119960

  6. sas berkata:

    Ada PIKATAN, ada IKT. Bagus semua kok. Berarti saling bahu mambahu memajukan Temanggung. Begitu, to?

  7. Julianto berkata:

    Kalau saya lihat IKT adalah organisasi tua yang tidak punya sikap yang jelas dan kegiatannya sudah ketinggalan jaman. Sedangkan PIKATAN terutama Stanplat sangat maju dan dinamis. IKT paling setiap tahun sekali bergerak. Sedangkan PIKATAN beberapakali dalam setahun. Stanplat sendiri terbit setiap bulan…….
    Bagus tidaknya menurut saya bisa dilihat dari kiprah, bukan sekadar maksud. Apalagi IKT ini dikenal organisasi feodal. Tak jelas orangnya….kecuali nama sang jendral.

    Julianto
    Kedu
    Pembaca stanplat

  8. wrido berkata:

    sak jane apapun paguyuban sae, ananging nek kesukuan bagi masyarakat ranto sprt saya yg di kalimantan rodo ati2. nek nyenggol wong pribumi dowo candak-e. tapi wong tmg iku nek wis dowo jangkahe mesti mikir go otak ra mung patak, sukor wong tmg nang kaltim do dadi

  9. TRI SULISTYO berkata:

    Dengan adanya PIKATAN maupun IKT yang penting sama bisa membangun temanggung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s