Kabar PIKATAN 2

Posted: April 6, 2007 in Kabar Pikatan

-Kabar dari Kalibata

PIKATAN untuk Masyarakat Temanggung

Kalibata, 3 Maret 2007. Rapat tim Buletin Stanplat mengagendakan dua rekomendasi rapat sebelumnya (15 Pebruari 2007) yaitu pembahasan konten baru Stanplat dan pembahasan Lembaga Perkumpulan. Rapat ini dihadiri oleh AE Priyono (LSM Reform Institute), Andy Yoes Nugroho (LSM Kombet), Putut Trihusodo (Majalah Gatra), Faiz Manshur (Yayasan Nuansa Cendekia Bandung), Irawan Prasetyadi, Joko Suseno, F.Muniroh, Silvester Hardanny (Karyawan Swasta), Kris Sudjadi (Pengusaha), Zaenal Maarif(guru) dan Mukidi, selaku wakil Stanplat dari Temanggung. Apakah Stanplat akan ditingkatkan jumlah eksemplarnya, atau dipertebal menjadi 16 halaman? Untuk sementara jumlah eksemplar ditingkatkan struktur distribusi belum memungkinkan. Karena itu rapat memutuskan Stanplat akan dinaikkan menjadi 16 halaman pada edisi ke 9, Maret 2007. Namun demikian, jika pihak redaksi belum secara kolektif bekerja tidak menutup kemungkinan rencana menjadi 16 halaman tersebut ditunda sampai kolektivitas redaksi benar-benar bekerja secara maksimal.

PIKATAN berkibar
Melanjutkan pembahasan rapat di Rumah Makan Nyam-Nyam Kalibata 15 Pebruari lalu, tim perumus pendirian lembaga akhirnya memutuskan nama PIKATAN (Perkumpulan Independen KomunitAs TemanggungAN sebagai induk lembaga Buletin Stanplat sekaligus wadah kegiatan sosial. AE Priyono, yang bertugas merumuskan AD/ART memilih sekian nama bersama tim perumus lainnya. Dari sekian usulan, PIKATAN dianggap nama yang paling bagus. PIKATAN adalah lembaga independen tanpa membedakan kelompok perantau dan penduduk tetap di Temanggung. Nama ini disetujui oleh peserta forum dengan alasan akrab didengar oleh orang-orang Temanggung. “Orang yang mendengar akan merasa dekat dengan Temanggung. Selain karena ada tokoh masa malu (Rakai pikatan), di Temanggung juga ada pemandian Pikatan, “ujar Silvester Hardanny, seniman yang juga ketua II Ikatan Kadang Temanggung itu.


Paparan draf AD/ART awal yang dirumuskan antara lain menyatakan, PIKATAN berasaskan Kemajemukan, Kesetaraan, Keadilan, Kebajikan, Keadaban. Sedangkan tujuan utama didirikannya PIKATAN meliputi beberapa hal, misalnya, mewujudkan munculnya inisiatif lokal. Mendorong warga Temanggung agar berperan dalam memajukan kehidupan sosial, ekonomi, politik dan kebudayaan Temanggung. Mendorong munculnya kegiatan-kegiatan nyata di kalangan masyarakat Temanggung untuk mewujudkan terselenggaranya kehidupan kemasyarakatan yang aman, berkeadilan, damai, dan sejahtera; yang didukung oleh kebijakan pemerintahan yang bersih, bertanggungjawab, dan pro-publik.

Sebagai organisasi sosial berbadan hukum perkumpulan, PIKATAN bersifat terbuka dan memperlakukan setara setiap pihak dari berbagai ras, suku, agama, warna kulit, aliran politik, gender, latar belakang sosial ekonomi dari seluruh warga masyarakat Temanggung. Peran PIKATAN dirumuskan dalam bentuk kerja konkret dalam hal “menyediakan forum untuk pertukaran gagasan mengenai masalah-masalah masyarakat dan rakyat Temanggung, menjadi mitra dari berbagai pihak dan kelompok yang berusaha memajukan tatanan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, dan politik di Temanggung, menjalankan kontrol kehidupan publik di Temanggung, serta secara aktif dan independen mempromosikan agenda-agenda pembangunan lingkungan kehidupan masyarakat Temangung yang maju dan beradab. Dengan paparan di atas, PIKATAN jelas adalah organisasi yang mandiri dan independen dari pemerintah maupun dari organisasi lain seperti Ikatan Kadang Temanggungan (IKT) yang dipimpin oleh Graito Usodo.(Andy Yoes/Faiz)

Iklan
Komentar
  1. Slamet Waluyo berkata:

    Yth para kdg Tmg dimana saja. Saya mau mencari no tlp Hj Tìtin dari Kedu.apabila ada kdg Tmg yg tahu mhn dptnya sy diberitahu lwt E-Mail atau tlp 085753337999. Atas bantuanya diucapkan tks

  2. machine-d berkata:

    kulonuwun….

    saya mau tanya… misalkan kami akan membuat mini album band kami… apakah bisa kami mengajukan proposal ? dan kepada siapa kami harus mengajukan proposal kerjasama tersebut….?

    maturnuwun sakderengipun….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s